FORT ROTTERDAM





      Di Indonesia, pada zaman dahulu banyak sekali kerajaan-kerajaan. Kerjaaan Hindu-budha maupun kerajaan Islam yang tersebar di Nusantara. Selain itu banyak sekali peninggalan-peninggalan bangunan bersejarah seperti halnya benteng, prasasti, candi dll. Salah satu contohnya adalah kerajaan Gowa yang mendirikan Banteng Fort Rotterdam. Banteng Rotterdam atau biasa disebut beteng ujung pandang oleh masyarakat makasar ini merupakan suatu benteng peninggalan kerajaan gowa yang dibangun pada sekitar tahun 1454 oleh raja gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’Kallona. 

fort rotterdam hingga kini

Pada masanya, kerajaan gowa sangat Berjaya di daratan maupun lautan Makassar dan lokasinya yang strategis membuat banteng Rotterdam dijuluki benteng berbentuk penyu karna bentuk banteng yang menerupai penyu yang hendak turun kelautan. Pada awal berdirinya benteng Rotterdam berada di tengah-tengah hutan yang dipenuhi oleh daun pandan di sekelilingnya, bangunanya juga sangat berciri khas Makassar, dahulu kala masih seperti rumah panggung ala Makassar, bahkan bahan bangunannya terdiri dari berbagai kayu dan atapnya terbuat dari rerumputan.

jika dilihat dari atas benteng rotterdam menyerupai penyu


            Pada tahun 1667 kerajaan gowa jatuh ketangan Belanda, maka dikuasailah benteng Rotterdam ini oleh Belanda. Banyak sekali perubahan pada benteng Rotterdam setelah diduduki oleh belanda, seperti arsitekturnya yang menjadi gaya Eropa dan juga perubahan fungsi pada masing-masing ruangannya. Benteng Rotterdam dikuasai oleh Belanda kurang lebih 300 tahun. Selama itu Belanda menggunakan benteng ini sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian.

rotterdam saat dikuasai oleh belanda


            Setelah Jepang masuk, pada tahun 1942, Jepang juga mengambil alih benteng ini dan digunakan sebagai markas besar militer. Jepang menguasai banteng ini hanya sebentar, karna pada tahun 1945 datang sekutu yang di pimpin oleh Amerika. Dan sampai pada saat ini benteng Fort Rotterdam di ambiil alih oleh pemerintahan Indonesia. 


Tulisan yang saya buat diatas ini merupakan review dari salah satu video di youtube yang berjudul Fort Rotterdam 1 ( https://www.youtube.com/watch?v=ee_3oWiDhjM )

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Fort_Rotterdam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Marger & Akuisisi

SEJARAH REVOLUSI INDUSTRI DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Noun Clause