PASAR MODAL DI NEGARA JERMAN

Jerman merupakan negara yang terletak di benua eropa bagian Barat, yang merupakan negara maju. Negara ini cukup memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia.
Jerman berada di peringkat ketujuh di dunia sebagai negara penerima investasi langsung luar negeri (FDI). Negara ini mendapatkan predikat sebagai negara dengan lokasi bisnis yang paling menarik dibenua Eropa karna Negara Jerman memiliki sikap yang yang bersahabat dengan dunia investasi asing dan survei dunia. Penghargaan ini di terbitkan oleh UCTAD pada tahun ini 2013-2015.
Bukan hanya itu, tetapi Jerman berada di posisi 15 dalam peringkat ketermudahan berbisnis tahun 2016 yang dinilai oleh Bank Dunia dan mempertahankan posisi yang sama pada tahun sebelumnya. Pada umumnya negara ini terbukan dan transparan terhadap rakyatnya pada dunia bisnis.
Dengan apa yang telah di paparkan diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pasar modal di negara Jerman sangatlah baik dan terus berkembang pesat hingga sekarang. Bukan hanya itu saja, tetapi salah satu brusa efek yang ada di jerman  Yaitu Frankfurt Stock Exchange masuk dalam kategori  10 pasar modal terbesar di dunia.  Berikut ini saya akan menjelaskan tentang 2 lembaga bursa efek yang sangat berpengaruh dijerman :


Frankfurt Stock Exchange (FES)



            Frankfurt Stock Exchange (FES) merupakan perusahaan dari Deutsche Börse AG yang terletak di Frankfurt, Jerman. Lembaga ini termasuk dalam bursa efek terbesar ke 10 di dunia. Terletak di distrik Innenstadt dan didalam kawasan pusat bisnis yang dikenal sebagai bankenviertel. Dengan 90%  dari omzetnya dihasilkan di Jerman, yaitu di dua tempat perdagangan  Xetra dan Borse Frankfurt.
            Sejarah brusa efek Frankfurt kembali pada pameran perdagangan abad pertengahan pada abad ke-11, dan pada abad ke 16 Frankfurt berkembang menjdi kota yang kaya dan sibuk dengan ekonomi berdasarkan perdangan keuangan Frankfurt. Pada tahun 1585 Frankfurt Stock Exchange didirikan untuk menetapkan nilai tukar mata uang tetap yang dianggap menandai kelahiran brusa saham. Setelah bertahun-tahun Frankfurt Stock Exchange terus berkembang dan menjadi brusa saham pertama didunia- setelah london dan paris.  Dan pada tahun 1949 tepatnya setelah perang dunia II, brusa saham Frankfurt Stock Exchange akhirnya didirikan sebagai bursa saham terkemuka di Jerman dengan Investasi nasional dan internasional yang masuk. Selama tahun 1990-an, Bursa Saham Frankfurt juga merupakan tempat bagi Neuer Markt ( Jerman untuk Pasar Baru ) sebagai bagian dari boom dot-com di seluruh dunia. Pada tahun 1993 Frankfurter Wertpapierbörse (Bursa Efek Frankfurt) menjadi Deutsche Börse AG, menjalankan bisnis untuk pertukaran. Dari awal 1960-an dan seterusnya Bursa Efek Frankfurt mengambil keuntungan dari penutupan oleh Bundesbank yang secara efektif memutuskan kebijakan keuangan di Eropa sampai pengenalan euro pada tahun 2002. Sejak saat itu keuntungan pertukaran dari kehadiran Bank Sentral Eropa di Frankfurt. Pada tahun 2002 dan 2004 Deutsch Börse dalam negosiasi lanjutan untuk mengambil alih Bursa Efek London , yang dipatahkan pada tahun 2005. Sebuah tawaran merger lebih lanjut diblokir oleh Komisi Eropa pada 2017.
Sampai saat ini Frankfurt Stock Exchange yang dimiliki dan dioperasikan oleh Deutsche Börse menyumbang lebih dari 90% omset di pasar Jerman dan sebagian besar pasar di Eropa Pada Tahun 2010 bursa efek Frankfurt menyelesaikan transisi pada Mei 2011. Sekarang perdagangan berlangsung secara eksklusif melalui sistem Xetra, yaitu sistem perdagangan sekuritas berbasis di Frankfurt, Jerman yang diciptakan untuk pasar modal dan diluncurkan pada November 1997. Sistem ini telah diadopsi secara internasional lebih dari 14 negara. Sekitar 47% peserta pasar di Frankfurt berasal dari luar negeri. Pada November 2010, perusahaan di lebih dari 80 negara terdaftar di bursa saham Frankfurt dengan 49% dari Amerika Utara dan Selatan, 31% dari Eropa, 14% dari Asia dan 6% dari Australia dan Afrika. Bursa saham Frankfurt memiliki lebih dari 250 lembaga perdagangan internasional dan lebih dari 4.500 pedagang. Investor terhubung langsung ke Bursa saham Frankfurt mewakili 35% dari modal investasi dunia. Dan memiliki index perdagangan berupa DAX , DAXplus , CDAX, DivDAX , LDAX, MDAX , SDAX, TecDAX, VDAX , dan EuroStoxx 50
Jika suatu perusahaan  sudah terdaftar di bursa saham asing yang dianggap sebagai "Like Exchange" oleh Bursa Efek Frankfurt, perusahaan tersebut dapat Daftar Ganda di Bursa Saham Frankfurt sangat mudah dan terjangkau. Daftar ganda perusahaan tersebut berarti bahwa itu akan terdaftar di kedua bursa saham saat ini dan Bursa Efek Frankfurt. "Daftar ganda", atau kadang-kadang disebut "Daftar Lintas-Perbatasan", "Daftar silang", atau "Daftar sekunder", atau sama saja dengan membuka dunia pemberi dana, investor, likuiditas, dan calon pemegang saham yang sepenuhnya baru. Jika perusahaan  sudah terdaftar di publik di salah satu dari banyak Bursa Saham Frankfurt yang disetujui 'seperti bursa', maka kita dapat membuat daftar ganda perusahaan di Bursa Saham Frankfurt dengan sangat cepat (dalam waktu maksimal dua minggu) dan terjangkau.
Selain dari ekuitas, instrumen keuangan utama yang diperdagangkan di bursa Frankfurt Stock Exchang , adalah produk-produk berikut ini :



1.       Obligasi
2.        mata uang
3.        dana yang diperdagangkan di bursa
4.        Sekuritas
5.       Komoditas
6.       Dana, dan
7.       sertifikat dan surat perintah

Perdagangan di Bursa Efek Frankfurt diatur oleh aturan yang jelas, yang berlaku sama untuk semua peserta perdagangan. Pengawasan pasar independen terdiri dari:
·         Kantor Pengawasan Perdagangan (HÜSt),
·         Otoritas Pengawas Bursa yang terkait dengan Kementerian Ekonomi Hessian, Transportasi, dan Pembangunan Daerah, dan
·         Otoritas Pengawas Keuangan Federal (BaFin).
Peraturan ini dibuat dengan maksud untuk meningkatkan kesinambungan harga dan untuk menghindari kesalahpahaman, beberapa mekanisme perlindungan diterapkan untuk tempat perdagangan Xetra dan Börse Frankfurt . Ini termasuk interupsi volatilitas, gangguan pesanan pasar, dan langkah-langkah penghentian likuiditas.

perusahaan yang terkait dengan bursa efek


Frankfurt :




Beberapa fakta tentang Bursa Saham Frankfurt


  • Bursa Efek Frankfurt menerima eksposur besar-besaran ke modal investor dengan lebih dari 250 lembaga perdagangan internasional dan lebih dari 4.500 pedagang di seluruh dunia. Investor yang terhubung langsung ke Bursa Efek Frankfurt mewakili 35% total modal investasi dunia.
  • Semua saham adalah perdagangan bebas. Tidak ada saham terbatas, bahkan untuk petugas dan orang dalam.
  • Untuk bursa saham entry level, Standar Entry adalah bursa saham yang sangat dihormati, tetapi juga lebih selektif daripada yang lain.
  • Standar Masuk Bursa Saham Frankfurt adalah pasar yang tidak diatur, yang berarti diatur oleh pertukaran itu sendiri.
  • Segmen Standar Masuk membutuhkan 10% float publik.
  • Segmen Umum dan Perdana Standar membutuhkan float publik 25%.
  • Tidak ada persyaratan Sarbanes-Oxley di Bursa Saham Frankfurt.
  • Daftar / penawaran obligasi perusahaan dimungkinkan untuk semua segmen bursa (segmen Standar Masuk, Standar Umum dan Segmen Utama).
  • Frankfurt memiliki lebih banyak likuiditas / volume perdagangan daripada semua bursa di dunia kecuali NYSE dan NASDAQ.
  • IPO di Bursa Saham Frankfurt adalah salah satu yang tercepat di dunia.
  • Penawaran umum dapat dilakukan dengan atau tanpa penanggung dengan prospektus yang disetujui.
  • Bursa Saham Frankfurt adalah salah satu bursa yang paling diterima secara internasional di dunia. Perdagangan yang dilakukan oleh investor internasional pada Xetra telah meningkat secara terus menerus dalam beberapa tahun terakhir dan, pada akhir tahun 2010, lebih dari 65% dari total perdagangan berasal dari negara-negara di luar Jerman, dengan lebih dari 22% dari investor AS dan lebih dari 24% dari dari investor Inggris.
  • Bursa Saham Frankfurt adalah salah satu bursa daftar paling dihormati di dunia untuk daftar internasional. - Perusahaan dari lebih dari 80 negara terdaftar di Bursa Saham Frankfurt ... lebih dari 40% berasal dari Amerika Utara, 31% dari Eropa (termasuk Rusia), 14% dari Asia dan 6% dari Australia dan Afrika.
  • Jerman adalah rumah bagi konferensi pasar modal terbesar di Eropa, dengan lebih dari 5.500 peserta dan lebih dari 100 peserta pameran setiap tahun.
  • Platform perdagangan elektronik Xetra yang canggih dirancang untuk Bursa Efek Frankfurt dan tersedia untuk perdagangan elektronik untuk semua perusahaan yang terdaftar di Frankfurt dengan kehadiran di 14 negara Eropa ditambah Amerika Serikat.



Deutsche Börse AG

            Deutsche Börse AG atau Deutsche Börse Group merupakan Industri dibidang keuangan yang didirikan pada tahun 1992 di Frankfurt am Main, Jerman. Deutsche Börse AG adalah lembaga yang mengelolah pasar untuk perdagangan saham dan sekuritas lainnya dan juga sebagai lembaga penyedia layanan transaksi. Selain itu Deutsche Börse AG juga menyediakan jasa berupa Platform perdagangan ekuitas, Pasar Derivatif, kliring , dan menyediakan data pasar.
            Lembaga yang berdiri di Jerman ini mempunyai lebih dari 3.200 pelanggan layanan di Eropa, Amerika Serikat,  dan Asia. Selain itu, bukan hanya di Jerman, Deutsche Börse AG juga memiliki lokasi di Jerman, Lukesemburg, Swiss, Republik Ceko, dan Spanyol. Serta kantor perwakilan di Beijing, London, Paris, Chicago, New York, Hongkong dan Dubai. Deutsche Börse AG juga merupakan pemilik Clearstream, sebuah rumah Kliring yang berbasis di Luksemburg
Brusa Efek Frankfurt, Clearsteam, Xetra, Eurex, dan STOXX merupakan anak perusahaan dari Deutsche Börse AG. Selain itu lembaga ini juga mempunyai pengungkaan kepemilikan saham yaitu sebesar ; 3%, 5%. 10%, 15%, 20%, 25%, 30%,50%, dan 75% hak suara, dengan persyaratan perdagangan penyedia likuiditas tidak memiliki sponsor,penasehat pasar modal n/a, dan peryaratan penguncian tidak diwajibkan secara hukum tetapi dalam praktik (kontrak)perjanjian kunci dalam praktik pasar 6-2 bulan.
Jika bicara tentang bisnis pasti ada bagian yang tak terpisahkan yaitu produk (instrumen) dan layanan. Berikut ini instrumen dan layanan yang telah ditawarkan oleh Deutsche Börse AG:
1.      pembiayaan pra-IPO dan pencatatan,
2.      ekuitas,
3.      derivatif dan perdagangan komoditas,
4.      kliring dan penyelesaian pesanan,
5.      perlindungan atas sekuritas,
6.      likuiditas dan manajemen kolateral ,
7.      penyediaan data pasar dan indeks serta solusi IT untuk pelanggannya.
Berikut ini Perusahaan yang bekerja sama dengan Deutsche Börse AG :

Company
Company
Company
Country
2G ENERGY AG
Industrial
Renewable Energies
Germany
ARTEC TECHNOLOGIES O.N.
Software
Software
Germany
BETA SYST.SOFTW.AG O.N.
Software
Software
Germany
BLUE CAP O.N.
Industrial
Industrial, Diversified
Germany
CLIQ DIGITAL AG  O.N.
Retail
Retail, Internet
Germany
CYAN AG
Software
Software
Germany
DALDRUP+SOEHNE AG
Industrial
Renewable Energies
Germany
DATAGROUP SE O.N.
Software
IT-Services
Germany
DATRON AG INH.O.N.
Industrial
Industrial Machinery
Germany
DELIGNIT AG INH.O.N.
Industrial
Renewable Energies
Germany
DEUTSCHE ROHSTOFF AG
Basic resources
Mining
Germany
DISKUS WERKE AG
Industrial
Industrial, Diversified
Germany
DT.GRUNDST.AUKT.AG
Financial Services
Real Estate
Germany
EDEL AG O.N.
Media
Movies & Entertainment
Germany
EQS GROUP AG NA O.N.
Software
IT-Services
Germany
ERNST RUSS AG NA O.N.
Financial Services
Diversified Financial
Germany
FINLAB AG   NA O.N.
Financial Services
Securities Brokers
Germany
FINTECH GROUP AG
Financial Services
Securities Brokers
Germany
FORMYCON AG
Pharma & Healthcare
Biotechnology
Germany
GERM.STARTUPS GRP NA O.N.
Financial Services
Private Equity & Venture Capital
Germany
HELIAD EQ.PARTN.KGAA
Financial Services
Diversified Financial
Germany
HELMA EIGENHEIMBAU AG
Consumer
Home Construction & Furnishings
Germany
IBU-T   EC ADVANCED MATERIALS AG
Industrial
Industrial Products & Services
Germany
JDC GROUP AG O.N.
Financial Services
Diversified Financial
Germany
LLOYD FONDS AG
Financial Services
Diversified Financial
Germany
MAGFORCE AG
Pharma & Healthcare
Medical Technology
Germany
MAX21 MGMT.U.BETEIL.AG
Financial Services
Private Equity & Venture Capital
Germany
MENSCH UND MASCH.O.N.
Software
Software
Germany
MIC AG
Financial Services
Private Equity & Venture Capital
Germany
MPC MUENCH.PET.CAP.
Financial Services
Diversified Financial
Germany
M-U-T AG MESSGER.INH.O.N.
Industrial
Advanced Industrial Equipment
Germany
MUTARES AG
Financial Services
Private Equity & Venture Capital
Germany
MVISE AG
Telecommunication
Telecommunication Services
Germany
MYBUCKS SA
Financial Services
Diversified Financial
Luxembourg
MYNARIC AG
Technology
Communication Technology
Germany
NABALTEC AG INH.
Industrial
Industrial Products & Services
Germany
NANOGATE SE
Industrial
Advanced Industrial Equipment
Germany
NORATIS AG
Financial Services
Real Estate
Germany
NUERNBERGER BET.AG VNA
Insurance
Insurance
Germany
ÖKOWORLD AG
Financial Services
Diversified Financial
Germany
PANTAFLIX AG
Media
Movies & Entertainment
Germany
PUBLITY AG O.N.
Financial Services
Real Estate
Germany
RCM BETEILIGUNGS NA. O.N.
Financial Services
Real Estate
Germany
RINGMETALL AG O.N.
Industrial
Containers & Packaging
Germany
SCHERZER U. CO. AG O.N.
Financial Services
Private Equity & Venture Capital
Germany
STEMMER IMAGING AG
Software
IT-Services
Germany
The NAGA Group AG
Financial Services
Securities Brokers
Germany
TONKENS AGRAR AG
Food & Beverages
Food
Germany
VECTRON SYSTEMS      O.N.
Industrial
Advanced Industrial Equipment
Germany
WILLIAMS G.P.HLD.LS-05 DZ
Media
Movies & Entertainment
Great Britain






            Setiap lembaga pasti memiliki praturan terkait untuk mengatur lembaga tersebut. Untuk lembaga ini diatur oleh :
·         Pemilihan hukum yang penting:
Undang-Undang Perdagangan Sekuritas Jerman, Undang-Undang Perusahaan Saham Jerman, Undang-Undang Prospektus Sekuritas Jerman, Aturan Pertukaran untuk Bursa Saham Frankfurt, German Takeover Act, UU Perbankan Jerman
·         Regulator yang relevan:
Otoritas Pengawas Keuangan Federal Jerman  (BaFin), Bursa Saham Frankfurt, Kantor Pengawas Perdagangan


Daftara Pusaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Marger & Akuisisi

SEJARAH REVOLUSI INDUSTRI DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0